Skip to main content

uGet download manager untuk Elementary OS



uGet adalah aplikasi download manager dengan kode sumber terbuka (Open Source) yang di kembangkan terkhusus untuk platform linux, namun uGet juga dikembangbangkan untuk platform Machintosh dan Ms. Windows. Disini saya lebih khusus akan berbagi untuk pemasangan uGet pada linux Elementary OS, yang saya gunakan saat ini.



Instal melalui repo resmi uGet PPA
Dengan menggunakan repositori uGet PPA resmi, ppa: plushuang-tw / uget-stabil, anda akan terus up to date dengan versi terbaru dari uGet otomatis melalui Software Updater.

sudo add-apt-repository ppa:plushuang-tw/uget-stable
sudo apt-get update
sudo apt-get install uget

Repositori ini juga dapat digunakan di distribusi elementary OS 2.0 codename Luna dan Ubuntu. Karena sebenarnya, elementary OS dikembangkan dari ubuntu versi LTS.
Jika anda ingin menginstallnya secara offline, anda bisa unduh manual paket aplikasi .deb nya.

Manual UGet Download.
Versi 3.0 Freya
Unduh arsitektur x86_64  Unduh arsitektur i386

Versi 2.0 Luna
Unduh arsitektur x86_64  Unduh arsitektur i386


Pasang Plugin Aria2.
Tambahakan juga plugin Aria2, paket tambahan untuk fitur multi-protocol ketika download. Perintah untuk instalasinya seperti ini :

sudo apt-get install aria2


Gambar pada Elementary OS Luna



Comments

Populer

Layanan Keamanan Jaringan Komputer

International Telecomunication Union - Telecomunication Standardiation Sector (ITU-T) adalah lembaga Internasional yang mendifinisikan beberapa jenis layanan (services) dan mekanisme (mechanism) pada Keamanan Jaringan. Layanan keaman jaringan didefinisikan berdasarkan kebutuhan yang harus disediakan untuk memnuhi permintaan terhadap keamanan jaringan.
Berikut pembahasan jenis-jenis layanan keamanan jaringan berdasarkan rekomendasi ITU-T pada dokumen X.800, (ITU-T,1991).
Otentikasi (Authentication) Layanan Otentikasi ada 2 macam. Pertama disebut dengan Otentikasi Entitas ( Entity Authentication) yaitu layanan kemanan jaringan yang memberikan kepastian terhadap identitas sebuah entitas yang terlibat dalam komunikasi data. Kedua adalah Otentikasi Keaslian Data ( Data Origin Authentication) yaitu layanan yang memberikan kepastian terhadap sumber sebuah data. 
Kendali Akses (Access Control) Kendali Akses adalah layanan keamanan jaringan yang menghalangi penggunaan tidak terotorisasi terhadap…

Konsep dasar DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol)

DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) adalah sebuah protokol yang berfungsi untuk memeberikan / mendistribusikan alamat IP secara otomatis kepadahostdalam ruang lingkup suatu jaringan.
Ketika dalam sebuah jaringan lokal tidak menggunakan DHCP, seorang admin harus mengkonfigurasi IP address pada setiap host secara manual agar bisa terhubung dan mendapatkan layanan, misalkan sharing data, komunikasi dan informasi dari internet publik. Hal ini sangat tidak efektif jika terdapat banyak host yang ingin mendapatkan sebuah layanan, namun harus dikonfigurasi secara manual untuk terhubung. 
Namun, tidak demikian jika sudah dipasang DHCP pada jaringan lokal. Pemberian IP address untuk setiap host tidak perlu lagi dilakukan secara manual, karena sudah ada sistem yang memegang tanggung jawab tersebut. Dengan adanya DHCP sangat membantu tugas adminitrator jaringan untuk menghubungkan sebuah host yang membutuhkan sebuah layanan. 
Yang bertugas memberikan IP kepada host yang meminta disebut dengan…

Teknologi Perkabelan Pada Jaringan Komputer

Kabel pada jaringan komputer digunakan untuk menghubungkan satu perangkat dengan perangkat laiinya untuk keperluan komunikasi, berbagi resource dan lain sebagainya. Kabel merupakan media transmisi data yang lebih bagus dibandingkan teknologi nirkabel (tanpa kabel), media kabel lebih memiliki kecepatan yang tinggi, stabilititas serta jangkauan yang yang lebih jauh. Beberapa jenis kabel jaringan komputer adalah kabel coaxial, twisted pair, kabel fiber optic. Jenis kabel yang digunakan untuk jaringan komputer tergantung terhadap kebutuhan jaringan, protokol serta topologi jaringan. Ada beberapa situasi yang mengharuskan satu jenis kabel saja yang tepat untuk digunakan dan ada yang mengizinkan kombinasi dari beberapa kabel menyesuaikan kebutuhan jaringan komputer. Memahami kriteria-kriteria kabel untuk jenis jaringan komputer yang berbeda serta hubungannya dengan aspek lain didalam jaringan adalah penting untuk sistem jaringan yang optimal serta mudah dalam mengembangkan teknologi jaringa…