Skip to main content

Layanan Keamanan Jaringan Komputer


International Telecomunication Union - Telecomunication Standardiation Sector (ITU-T) adalah lembaga Internasional yang mendifinisikan beberapa jenis layanan (services) dan mekanisme (mechanism) pada Keamanan Jaringan. Layanan keaman jaringan didefinisikan berdasarkan kebutuhan yang harus disediakan untuk memnuhi permintaan terhadap keamanan jaringan.

Berikut pembahasan jenis-jenis layanan keamanan jaringan berdasarkan rekomendasi ITU-T pada dokumen X.800, (ITU-T,1991).

  1. Otentikasi (Authentication)
  2. Layanan Otentikasi ada 2 macam. Pertama disebut dengan Otentikasi Entitas ( Entity Authentication) yaitu layanan kemanan jaringan yang memberikan kepastian terhadap identitas sebuah entitas yang terlibat dalam komunikasi data. Kedua adalah Otentikasi Keaslian Data ( Data Origin Authentication) yaitu layanan yang memberikan kepastian terhadap sumber sebuah data. 

  3. Kendali Akses (Access Control)
  4. Kendali Akses adalah layanan keamanan jaringan yang menghalangi penggunaan tidak terotorisasi terhadap sumber daya. Pada aplikasi jaringan umunya kebijakan kemampuan ( baca, modifikasi, tulis dan eksekusi sebuah data/layanan sistem) ditentukan oleh jenis pengguna.  

  5. Kerahasiaan Data (Data Confidentility)
  6. Kerahasiaan data adalah layanan keamanan jaringan yang memproteksi data tertranmisi terhadap pengungkapan oleh pihak yang tidak berwenang / berhak. 

  7. Keutuhan Data (Data Integrity)
  8. Keutuhan data adalah layanan keamanan jaringan yang memastikan bahwa data yang diterima oleh penerima adalah benar-benar sama dengan data yang dikirim oleh pengirim. 

  9. Non-Repudiation
  10. Layanan non-repudiation adalah layanan keaman jaringan yang menghindari penolakan atas penerima / pengirim data yang telah dikirim. 

  11. Ketersediaan ( Availability)
  12. Layanan Availability adalah layanan sistem yang membuat sumber daya sistem tetap dapat diakses dan digunankan ketika ada permintaan dari pihak yang berwenang. Serangan seperti Denial of Service membuat sistem tidak dapat diakses oleh pihak yang berwenang.

Comments

Populer

Teknologi Perkabelan Pada Jaringan Komputer

Kabel pada jaringan komputer digunakan untuk menghubungkan satu perangkat dengan perangkat laiinya untuk keperluan komunikasi, berbagi resource dan lain sebagainya. Kabel merupakan media transmisi data yang lebih bagus dibandingkan teknologi nirkabel (tanpa kabel), media kabel lebih memiliki kecepatan yang tinggi, stabilititas serta jangkauan yang yang lebih jauh. Beberapa jenis kabel jaringan komputer adalah kabel coaxial , twisted pair , kabel fiber optic . Jenis kabel yang digunakan untuk jaringan komputer tergantung terhadap kebutuhan jaringan, protokol serta topologi jaringan. Ada beberapa situasi yang mengharuskan satu jenis kabel saja yang tepat untuk digunakan dan ada yang mengizinkan kombinasi dari beberapa kabel menyesuaikan kebutuhan jaringan komputer. Memahami kriteria-kriteria kabel untuk jenis jaringan komputer yang berbeda serta hubungannya dengan aspek lain didalam jaringan adalah penting untuk sistem jaringan yang optimal serta mudah dalam mengembangkan teknologi

Konfigurasi chan_dongle dengan Asterisk pada VoIP GSM Gateway

Tutorial yang saya bagikan kali ini menggunakan Raspberry Pi dengan sistem operasi Raspbian (Debian Jessie). Asterisk dan paket chan_dongle di install secara manual pada Sistem Operasi Raspbian. Namun jika anda menggunakan Raspbx sudah langsung include asterisk & chan_dongle. Berikut tahap tahapnya. System Environtment   Rasberry Pi Model B+ 1 GB  Raspbian (Debian Jessie) / Raspbx Asterisk 11  Chan_dongle (patched for asterisk 11) Huawei 3G Modem E1550 Linux Kernel source Linux kernel upgrade to 3.4.79 apt-get install linux-image-3.4.79-sun4i Reboot sistem apt-get install linux-headers-`uname -r` Kompilasi software suite (Dependensi) apt-get install build-essential automake git libncurses5-dev libxml2-dev libsqlite3-dev sqlite3 mysql-client libmysql++-dev libmyodbc libssl-dev libcurl4-openssl-dev libgmime-2.6-dev unixodbc-dev uuid-dev libsrtp0-dev libiksemel-dev Hardware drivers Install paket berikut : apt-get install usbutils usb-modeswitc